Rabu, 24 Agustus 2011

Puasa Bolong? 'Bayar Dong'!

Puasa Ramadan memang merupakan perjuangan yang sangat berat. Tidak jarang dari orang yang bisa berpuasa satu bulan penuh. Pasti ada saja puasanya yang bolong-bolong, terutama bagi kaum wanita. Puasa memang membutuhkan kesabaran tingkat tinggi seperti Hadist riwayat al-Baihaqi di dalam al-Syu`ab daripada Abu Hurairah, yang maknanya: “Puasa adalah separuh kesabaran, dan di atas setiap sesuatu mempunyai zakat, dan zakat jasad ialah puasa”.

Mari kita simak terlebih dahulu hal-hal yang dapat membatalkan puasa.
a. Makan dan minum dengan sengaja.
b. Jima' (bersenggama).
c. Memasukkan makanan ke dalam perut. Termasuk dalam hal ini adalah suntikan yang mengenyangkan dan transfusi darah bagi orang yang berpuasa.
d. Mengeluarkan mani dalam keadaan terjaga karena onani, bersentuhan, ciuman atau sebab lainnya dengan sengaja.
e. Keluarnya darah haid dan nifas. Manakala seorang wanita mendapati darah haid, atau nifas batallah puasanya, baik pada pagi hari atau sore hari sebelum terbenam matahari.
f. Sengaja muntah, dengan mengeluarkan makanan atau minuman dari perut melalui mulut. Hal ini didasarkan pada sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.
”Barangsiapa yang muntah tanpa sengaja maka tidak wajib qadha, sedang barangsiapa yang muntah dengan sengaja maka wajib qadha." (HR. Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah dan At-Tirmidzi).
g. Murtad dari Islam, Perbuatan ini menghapuskan segala amal kebaikan. Firman Allah Ta'ala: Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan. "(Al-An'aam:88).

Seperti yang dijelaskan di atas biasanya yang membatalkan puasa adalah suatu hal kesengajaan. Jadi apabila kita melakukan hal diatas tanpa unsur kesengajaan, Insya Allah puasa yang kita jalani tidak akan batal.
Contoh :
1. Makan dan minum, apabila kita melakukanya dikarenakan lupatidak sengaja maka tidak akan membatalkan puasa.
2. Muntah tanpa disengaja, Sesuai Hadits yang Diriwayatkan oleh Al-Harbi dalamGharibul Hadits (5/55/1) dari Abu Hurairah secara maudu' dan dishahihRan oleh AI-Albani dalam silsilatul Alhadits Ash-Shahihah No. 923 : "Barangsiapa muntah tanpa disengaja, maka ia tidak (wajib) mengganti puasanya)."
3. Mimpi Basah di siang hari, seperti yang dijelaskan di atas tadi mengeluarkan air mani dapat membatalkan puasa. Tapi kalau mimpi basa, air mani tersebut keluar dengan sendirinya artinya kita tidak melakukannya dengan sengaja. Tapi apabila terjadi segeralah melakukan junub (mandi wajib).

Kita boleh tidak berpuasa asalkan dengan alasan yang bisa diterima, seperti sedang sakit, berada dalam perjalanan yang jauh, sedang berperang, datang bulan (khusus kaum wanita), dan lain-lain. Meskipun demikian, Baik puasa kita yang batal secara sengaja atau tidak berpuasa dengan alasan tertentu. Kita tetap harus wajib membayar puasa kita yang bolong tersebut di lain waktu. Karena puasa di bulan Ramadan ini hukumnya wajib sesuai Surat Al Baqarah ayat 183 : يَاأَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ yang artinya : Hai orang-orang yang beriman diwajbkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.Jadi mau tidak mau kita harus membayar puasa kita yang bolong tersebut. Kalau tidak maka kita akan berdosa dan bisa-bisa kita masuk neraka. siapa sih yang mau masuk neraka, kalau saya sih tidak mau. sesuai dengan Hadist riwayat al-Baghawi dari seorang lelaki di kalangan sahabat, yang maknanya: “Satu kebajikan dengan sepuluh kali ganda dan ditambah, dan satu kejahatan hanya dibalas satu dan mungkin Aku hapuskannya, dan puasa untuk-Ku, dan Akulah yang membalasnya. Puasa sebagai perisai dari azab Allah sebagaimana penyangga, sebagai perisai dari mata pedang”.

Hadist riwayat al-Nasa`ie daripada Abi Sa`id, mengatakan: “Siapa yang berpuasa sehari semata-mata pada jalan Allah nescaya Allah menjauhkan wajahnya dari neraka jahannam selama 70 tahun”. Semoga puasa kita bulan ramadan ini bisa full dan diterima oleh Allah SWT. Amiiiin. Bagi sahabat blogger ada puasanya yang bolong, jangan lupa bayar ya.

0 komentar:

Posting Komentar