Sabtu, 27 Agustus 2011

Buka Bersama Yuk!

Dalam bulan Ramadhan, mustahil tidak ada yang mengenal kata BUKA BERSAMA. Buka bersama merupakan sebuah kegiatan buka puasa yang dilakukan lebih dari 1 orang. Baik tua maupun muda, mereka sering kali mengadakan kegiatan buka bersama, karena buka bersama itu merupakan kegiatan yang mengasyikkan dan juga bernilai sosial.

LANTAS APA MANFAAT SOSIAL DARI BUKA BERSAMA?

1. Menjaga keharmonisan Keluarga
Buka bersama dengan keluarga merupakan kegiatan buka puasa yang paling sering kita lakukan, karena keluarga merupakan orang terdekat kita dan yang paling kita sayangi, sehingga kebanyakan dalam bulan Ramadhan kita melakukan buka puasa bersama dengan keluarga. Dengan buka bersama keluarga, tentunya keluarga kita akan menjadi rame dan terasa lengkap sehingga keharmonisan keluarga akan tetap terjaga.

2. Meningkatkan Kerja Sama
Manfaat ini bisa kita dapatkan ketika sedang mengadakan kegiatan buka bersama dengan teman-teman kita. Misalkan dengan cara membagi tugas masing-masing seperti "Laki-laki mempersiapkan bahan sedangkan perempuan yang memasak". Dengan demikian kerjasama yang kita lakukan akan menjadi terpadu, sehingga tidak akan ada lagi yang namanya "miss communication" dalam bekerjasama.

3. Meningkatkan Solidaritas
Secara etimologi Solidaritas memiliki arti "kesetiakawanan atau kekompakan". Ada sebuah Hadits Rasululllah SAW mengenai solidaritas : "Perumpamaan orang-orang mumin dalam cinta dan kasih sayangnya seperti badan manusia, apabila salah satu anggota badan sakit maka seluruh anggota badan merasakannya". Jadi dalam mengadakan kegiatan buka bersama, jika sudah dilakukan dengan tugas dan porsinya masing-masing, artinya tidak kurang dan tidak lebih. Maka ini akan meningkatkan kekompakan dalam suatu komunitas atau organisasi, sehingga hasil yang kita dapatkan Insya Allah akan sesuai apa yang kita inginkan.

4. Mengurangi Angka Kelaparan
Sebenarnya manfaat dari buka bersama ini hanya beberapa persen saja. Karena kegiatan buka bersama ini biasanya dilakukan oleh oknum-oknum tertentu saja, misalkan sebuah perusahaan atau organisasi yang mengadakan syukuran dan mengundang kaum fakir miskin.

5. Meningkatkan Harkat dan Martabat
Khusus manfaat ini merupakan manfaat yang sudah direncanakan. Misalkan seorang calon pemimpin yang mengadakan kegiatan buka bersama yang diikuti oleh satu warga desa. Dengan demikian warga akan menilai bahwa calon pemimpinya sanga baik dan pemurah. Ini bisa dikatakan salah satu manfaat sosial juga karena kegiatan buka bersama tersebut diikuti oleh banyak orang.

Itulah sederet dari manfaat sosial buka bersama yang sering kita lakukan di bulan Ramadhan ini. Mohon maaf bila ada yang tersinggung dari tulisan saya. Jika sahabat blogger memiliki manfaat sosial dari buka bersama bisa di berikan lewat komentar bawah. Salam Blogger!!!

0 komentar:

Posting Komentar