Minggu, 31 Juli 2011

Internet 1+1=11




Mungkin sahabat blogger ada yang tidak tahu apa maksud dari judul dari postingan saya kali ini. Judul tersebut saya ambil dari sebuah video dokumenter ICTWatch yang saya ambil dari Linimas tentang mas Harry Van Yogya seorang tukang becak yang eksis dan sukses di dunia maya yang kini telah menjadi seorang tour guide. Dimana saat itu mas Harry dalam video ICTWatch sedang masuk ke dalam ruangan yang bernama Internet 1 + 1 = 11 (kayaknya sih itu warnet). Internet 1 + 1 = 11 juga merupakan kesimpulan dari postingan kali ini dan akan saya jelas kan nanti di akhir postingan.

Siapa sih yang tidak tahu yang namanya internet? Saat ini internet sudah menjadi hal yang sangat lumrah dan sangat mudah diakses oleh semua kalangan. Cukup dengan berhadapan dengan computer atau laptop yang terkoneksi internet, kita sudah bisa menjelajahi dunia. Bahkan dengan menggenggam sebuah ponsel , seolah-olah kita sedang menggenggam dunia saja. Apalagi saat ini para provider sedang marak-maraknya berlomba memberikan tariff yang sangat murah. Sekarang ini juga sudah banyak tempat-tempat umum yang menyediakan layanan internet gratis (hotspot) tanpa harus memasukkan password tertentu, artinya kita cukup membawa laptop atau ponsel yang kompatibel kita sudah bisa berinternet ria. Tapi bagi sahabat blogger yang tidak memiliki gadget demikian, kita tetap bisa berinternet sesuka kita. Banyak kok warnet-warnet berterbaran dimana-mana yang memberikan tariff paket internet semurah mungkin. Ada yang personal, paket satu jam, paket dua jam, paket tiga jam, paket empat jam, paket lima jam, bahkan ada juga paket bergadang. Jadi internetan sepuasnya selama semalaman. Ckckck (nggak tidur lagi). He he he he …


Tapi kalau ada yang bertanya, bagaimana kondisi kebebasan berekspresi via internet di Indonesia dewasa ini? Tentunya saya akan menjawab bebas tapi dengan batasan-batasan tertentu. contoh kecilnya saja facebook atau twitter. Di Indonesia jumlah pengguna facebook saja ada sekitar 30,1 juta pengguna dan merupakan terbesar kedua di dunia. Kemudian kalau twitter ada sekitar 6,2 juta pengguna dan merupakan terbesar ketiga di Asia, sedangkan kalau ditinjau dari segi aktivitas pengguna twitter di Indonesia merupakan tertinggi pertama di dunia, artinya pengguna twitter di Indonesia sangat-sangat eksis di dunia. Factor social, orang ingin lebih eksis, orang ingin beraktualisasi diri, orang ingin bergaul di dunia maya itu sangat cepat menjadi bahan bakar, maka ketika ada jaringan social seperti facebook atau twitter itu langsung disikat.

Dengan adanya facebook atau twitter orang-orang bias bebas berkespresi di dunia maya seperti mengupdate status, menceritakan apa yang sedang dilakukannya, apa yang mereka rasakan, mengupload foto-foto atau video narsis mereka, dan sebagainya. 


Kalau ditinjau dari segi manfaat, internet sangat memiliki banyak manfaat. Salah satu contohnya seperti halnya yang dilakukan oleh mas Harry Van Yogya dalam Film Linimas. Beliau merupakan seorang tukang becak biasa dan juga seorang single parent. Tapi meskipun dengan keadaan seperti itu, dia masih tetap optimis, mau menyekolahkan anak-anaknya serta mau mencari nafkah meskipun hanya dengan menarik becak. Kemudian tidak hanya itu, satu hal yang sangat luar biasa yaitu masih tetap mau belajar mengenai internet, jaringan social (khususnya facebook) kemudian menggali manfaatnya dengan mengkonsep dan mempromosikan layananya hingga ke manca Negara dan akhirnya beliau menjadi seorang tour guide (orang yang sering ngantarin turis kemana-mana). Bayangkan saja dari seorang tukang becak biasa menjadi tukang becak luar biasa hanya dengan menggunakan fasilitas internet. Seandainya saja semua orang bisa berpikir dan mau berusaha seperti mas Harry Van Yogya tentunya Negara Indonesia kita ini pasti akan sangat maju.


Contoh manfaat lain dari internet misalkan sinta jojo, dan juga briptu norman. Sahabat blogger tidak mungkin tidak mengenal mereka sinta jojo (keong racun) dan briptu norman (chaiya-chaiya). Mereka yang eksis dan terkenal lewat video lipsingnya di youtube. Mereka hanyalah sekedar iseng belaka dan hanya ingin berkspresi di dunia maya. Tapi akibat dari ulah mereka, mereka bisa menjadi terkenal di televise.


Di lihat dari saya sendiri deh yang sebagai seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi swasta. Dengan internet saya begitu banyak mendapatkan manfaat. Misalkan di jaringan social seperti facebook, saya bisa menambah teman saya, saling bertukar pikiran, bergabung di grup-grup atau forum-forum pendidikan, dan lain-lain. Dengan paman Google saya bisa mencari ilmu pengetahuan, menambah referensi, menambah wawasan saya tanpa harus membeli buku-buku yang terbilang cukup mahal. Kemudian di dunia blog saya bisa dan bebas berekspresi baik itu menulis karya ilmiah, menulis artikel, berkomentar antar sesama blogger, dan lain sebagainya. 


Kemudian bagaimana seharusnya pengguna internet di Indonesia dalam mengatur dirinya sendiri? Saran saya, jadi sebaiknya dalam penggunaan internet kita harus memiliki batasan-batasan tertentu. Seperti halnya batasan waktu. Kita harus tahu, kapan seharusnya kita menggunakan internet dan juga kapan kita tidak menggunakannya. Karena selain dunia maya, kita juga memiliki dunia nyata yang harus lebih kita utamakan. Takutnya mereka yang terlalu eksis di dunia maya malah tidak bisa membagi waktunya dengan tepat dan malu untuk eksis di dunia nyata, artinya tidak ada keseimbangan antara dunia nyata dengan dunia maya.


Kemudian satu hal lagi yang sangat penting yang harus kita perhatikan selain batasan waktu. Kita juga harus membatasi informasi pribadi kita sendiri, artinya jangan memberikan informasi pribadi kita sedetai-detailnya di dalam dunia maya. Misalkan dalam penggunaan facebook, sebaiknya dalam memberikan informasi pribadi jangan terlalu detail seperti mencantumkan atau memberikan alamat lengkap dan juga nomor telepon atau handphone pada profil atau kepada teman yang belum kita kenal pasti. Karena dunia maya itu sangat tidak terbatas dan ada begitu banyak kebohongan di sana. Buktinya saja sudah sering terjadi kasus-kasus penculikan facebook. awalnya hanya sekedar berkenalan, terus tukeran nomor handphone kemudian ketemuan, dan akhirnya diculik. Jadi itu lah hal yang sangat kita tidak inginkan. 

Selanjutnya selain dari membatasi waktu dan membatasi informasi pribadi. Kita juga harus membatasi informasi-informasi yang akan kita berikan. Misalkan dalam facebook, seperti tidak mengupdate status dengan kata-kata kotor seperti kata A****G, S***N, B*****T, dan yang lainnya. Karena hal ini dapat mengakibatkan orang lain, teman kita di facebook atau di dunia nyata akan mengira kalau kita tidak bisa mengontrol atau mengendalikan emosi kita. Sehingga mereka akan menjauhi kita. Solusinya kita bisa memberikan semacam emoticon seperti :) , dengan demikian orang-orang pada akan tahu, kalau suasana hati kita sedang senang. Kemudian dalam pengiriman email, sebaiknya kita mengirim email dengan kata-kata yang sopan, jangan kasar, hurufnya juga kalau bisa berwarna hitam saja dan jangan menggunakan huruf capital semua, ini memperlihatkan kalau kita seolah-olah sedang marah saja. Contoh lainnya di dalam dunia blogging, sebaiknya dalam memposting blog kita tidak menghina orang lain, memprovokasi orang, menjelek-jelekkan oknum tertentu, memberikan berita hoax atau berita bohongan. Ingat! Bebas berinternet bukan berarti kita bisa seenaknya saja, semuanya juga memiliki peraturan-peraturan dan batasan-batasan tersendiri. Jadi pikir-pikir dulu sebelum melakukan, Think Before You Do itu penting loh!

Setiap sesuatu itu pasti memiliki dampak positif maupun dampak negative juga khususnya di dunia maya. Ibaratkan menanam padi, tentunya akan tumbuh jika kita merawatnya dan akan mati kalau hanya dibiarkan. Sama halnya dengan internet, jadi pada intinya asalkan kita tahu kiat-kiat atau tata cara berinternet sehat, cara memfilternya dan tahu batasan-batasannya, maka tentunya dampak-dampak buruk dari dunia maya akan bisa kita hindari. 


Sekian dulu postingan kali ini, sesuai yang sesuai janjikan tadi. Jadi maksud dari Internet 1 + 1 = 11 artinya kalau kita sebagai pengguna internet tahu dan mengerti bagaimana cara menggunakan internet yang baik dan benar. Tentunya manfaat yang kita peroleh akan sangat banyak sekali. Di dalam matematika 1 + 1 boleh saja sama dengan 2, tapi kalau di dalam berinternet 1 + 1 bukan lagi sama dengan 2 melainkan sama dengan 11. Artinya manfaat dari penggunaan internet yang baik dan benar ada 11 atau bahkan lebih. Misalkan dalam facebook kita bisa mengupdate status, kita bisa menambah teman, menambah wawasan, saling bertukar pikiran, menjadi terkenal, menjadi orang yang eksis, bisa menjadi pengusaha suksses seperti mas Harry, dan masih banyak lagi. Kemudian untuk para sahabat blogger ada begitu banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari internet misalkan bisa menulis artiket, menuliskan karya ilmiah, membuat opini, mempromosikan barang, bahkan dengan blog kita bisa mendapatkan hadiah atau sejumlah uang seperti mengikuti lomba-lomba blog yang berhadiah besar. Dan masih banyak lagi manfaat yang kita peroleh dari penggunaan internet. Go Internet Sehat!


Sumber gambar : film Linimas ( http://linimassa.org/ ) dan Google ( http://image.google.com )
Sumber referensi : internet sehat ( http://ictwatch.com/internetsehat/ )

49 komentar:

  1. teru bagaimana dengan kasus prita?
    bagaimana itu bisa terjadi..

    BalasHapus
  2. bagus gan...
    semoga menang yah..

    BalasHapus
  3. tapi kenapa ya? masih saja banyak orang yang belum tau cara berinternet sehat..

    BalasHapus
  4. bro kayaknya kepanjangan deh.

    BalasHapus
  5. memang, internet itu sangat banyak manfaatnya. tapi kebanyakan dari orang tidak mengetahuinya.

    BalasHapus
  6. wah.. bnar sekali mas, internet itu memang seperti itu, buktinya sy bs pny bnyk temen d fb~pdhl g kenal...hehehe

    BalasHapus
  7. berarti kalau tidak tahu manfaatnya jadinya internet 1+1=0... wakakakak

    BalasHapus
  8. bnar sekali .. kita harus mngatur waktu kita untuk ber-internetan.. :O

    BalasHapus
  9. vira : kalau kasus ibu prita memang agak sulit. menurut saya mungkin karena di sebabkan terbenturnya undang-undang Indonesia.
    ibu prita dengan uu konsumen..
    sedangkan penuntut dengan uu ITE..
    kira-kira mungkin seperti itu.

    BalasHapus
  10. Anonim mengatakan...

    bagus gan...
    semoga menang yah..
    1 Agustus 2011 12:13
    ___________________________

    iyah, makasih gan. amiiin

    BalasHapus
  11. Seni Komputer mengatakan...

    tapi kenapa ya? masih saja banyak orang yang belum tau cara berinternet sehat..
    _________________________________________________
    yah, barang kali kurangnya pengetahuan tentang internet sehat. mereka hanya cenderung mengikuti apa yang sudah terjadi..

    BalasHapus
  12. terus sarannya harus bagaimana tuu?

    BalasHapus
  13. Anonim mengatakan...

    bro kayaknya kepanjangan deh.
    1 Agustus 2011 12:20
    __________________________________
    memank sudah peraturannya bro, harus lebih dari 1250 kata.

    BalasHapus
  14. Anonim : yah kenyataannya memang seperti itu, kembali pada diri masing-masing saja. kalau niatnya memang baik, tentu hasilnya juga akan baik pula.
    ________________________________________________
    Anonim mengatakan...

    memang, internet itu sangat banyak manfaatnya. tapi kebanyakan dari orang tidak mengetahuinya.
    1 Agustus 2011 12:28

    BalasHapus
  15. lanjutkan gan.. jangan pantang menyerah, keep blogging!

    BalasHapus
  16. Anonim mengatakan...

    berarti kalau tidak tahu manfaatnya jadinya internet 1+1=0... wakakakak
    1 Agustus 2011 13:07
    _____________________________________________
    hehehee, bukan tapi internet 1+1= -11.

    BalasHapus
  17. gak tau kalau ada lomba seperti ini. jadi pengen ikut juga. sukses ya gan.

    BalasHapus
  18. vira mengatakan...

    terus sarannya harus bagaimana tuu?
    1 Agustus 2011 13:18
    ______________________________________________
    saya sih tidak bisa memberikan jawaban yang tepat. tapi kalau menurut saya sebaiknya diadakan perbaikan uu yang telah ada. agar tidak ada lagi kerancuan dengan uu yang lain.

    BalasHapus
  19. betrand mengatakan...

    lanjutkan gan.. jangan pantang menyerah, keep blogging!
    1 Agustus 2011 13:26
    ________________________________________
    yo'a. pastiinya. makasih gan.

    BalasHapus
  20. lumayan tu hadiahnya. semoga menang ya bro!

    BalasHapus
  21. dimas mengatakan...

    gak tau kalau ada lomba seperti ini. jadi pengen ikut juga. sukses ya gan.
    1 Agustus 2011 13:29
    ________________________________________________
    hehehee... sudah ditutup gan. coba cari aja lomba yang lain... banyak kok bertebaran.

    BalasHapus
  22. hmm, yah masuk akal. bisa di mengerti. ok laah sukses aja ya. saya doakan semoga menang.

    BalasHapus
  23. Rengat mengatakan...

    lumayan tu hadiahnya. semoga menang ya bro!
    1 Agustus 2011 13:34
    _________________________________________________
    hehee.. iya amiiiiiin. makasih bro.

    BalasHapus
  24. Vira mengatakan...

    hmm, yah masuk akal. bisa di mengerti. ok laah sukses aja ya. saya doakan semoga menang.
    1 Agustus 2011 13:37
    __________________________________________
    iyah, amiiiiiiiiin makasih ya..

    BalasHapus
  25. azuharu mengatakan...

    wah.. bnar sekali mas, internet itu memang seperti itu, buktinya sy bs pny bnyk temen d fb~pdhl g kenal...hehehe
    1 Agustus 2011 13:06
    _____________________________________________
    semuanya tergantung dari diri kita sendiri. harus pandai memilah-milah mana yang bermanfaat, mana juga yang merugikan.

    BalasHapus
  26. semoga bisa menang yaa. . . ntar lau beneran menang, boleh tuh dibuat postingan biiar kami2 pada tau juga, hehehe. cuma sayang sekali widget friend connectnya ga di pasang. . .

    BalasHapus
  27. Anonim mengatakan...

    bnar sekali .. kita harus mngatur waktu kita untuk ber-internetan.. :O
    1 Agustus 2011 13:10
    _________________________________________
    he'eh benar. waktu adalah salah satu hal pokok yang perlu kita perhatikan. jangan sampai terlalu asik di dunia maya. malah lupa sama dunia nyata.. hahahaa

    BalasHapus
  28. Nihayatuzzin mengatakan...

    semoga bisa menang yaa. . . ntar lau beneran menang, boleh tuh dibuat postingan biiar kami2 pada tau juga, hehehe. cuma sayang sekali widget friend connectnya ga di pasang. . .
    1 Agustus 2011 14:05
    ______________________________________________
    amiin. Insya Allah di usahakan. bukanya saya tidak mau. tapi blog saya ini sudah kebanyakan widget. nantinya malah tambah berat. ini aja sudah berat. hahahaa. makasiih

    BalasHapus
  29. 1 + 1 = 11 ya, sama juga dengan 3 x 4 = 2... hehehehe... semoga menang kang ya.... amiinnn... dan bisa menjadi web designer handall....

    BalasHapus
  30. Basit mengatakan...

    1 + 1 = 11 ya, sama juga dengan 3 x 4 = 2... hehehehe... semoga menang kang ya.... amiinnn... dan bisa menjadi web designer handall....
    ______________________________________________
    hahaa.. ada-ada aja. amiiiin. makasih yah kang..

    BalasHapus
  31. mantap gan. sukses ajah...

    BalasHapus
  32. keren gan tampilannya...
    hehehe

    BalasHapus
  33. bagis nih dijadikan makalah, ijin minta.makasih bro.

    BalasHapus
  34. tukang becak gokil.,,, wkwkwkwk

    BalasHapus
  35. saya doakan semoga menang!!!

    BalasHapus
  36. internet sehat bikin hebat.

    BalasHapus
  37. satu lagi mas. selain waktu, dan sikap. pengawasan juga sangat penting. seperti pengawasan orang tua terhadap situs-situs yang diakses anaknya.

    BalasHapus
  38. ikshan mengatakan...

    mantap gan. sukses ajah...
    5 Agustus 2011 18:02
    _____________________________________________
    makasih gan. amiin.

    BalasHapus
  39. bathonks mengatakan...

    keren gan tampilannya...
    hehehe
    6 Agustus 2011 20:31
    ________________________________________________
    hehee. jadi laah yang penting ada kerennya.

    BalasHapus
  40. Anonim mengatakan...

    bagis nih dijadikan makalah, ijin minta.makasih bro.
    6 Agustus 2011 20:34
    _______________________________________________
    hmm. silahkan.

    BalasHapus
  41. Anonim mengatakan...

    tukang becak gokil.,,, wkwkwkwk
    6 Agustus 2011 20:37
    ________________________________________________
    hahaa. mas harry van yogya gitu loh..

    BalasHapus
  42. ayu mengatakan...

    go internet sehat!
    7 Agustus 2011 03:07
    ________________________________________________
    go internet sehat juga!!!! xixixixi

    BalasHapus
  43. Anonim mengatakan...

    saya doakan semoga menang!!!
    7 Agustus 2011 22:56
    _______________________________________________
    amiiiiin. makasih doanya.

    BalasHapus
  44. Anonim mengatakan...

    sukses bro.
    8 Agustus 2011 16:50
    _______________________________________________
    ya makasih bro.

    BalasHapus
  45. Anonim mengatakan...

    internet sehat bikin hebat.
    8 Agustus 2011 20:25
    ______________________________________________
    hehehee mantap punya.

    BalasHapus
  46. eko mengatakan...

    satu lagi mas. selain waktu, dan sikap. pengawasan juga sangat penting. seperti pengawasan orang tua terhadap situs-situs yang diakses anaknya.
    9 Agustus 2011 01:09
    _____________________________________________________
    betul banget tuuh mas eko. pengawasan terhadap akses internet anak-anak juga harus dilakukan. sayang donk kalau masih anak-anak sudah pandai mengakses situs porno. hehee. makasih buat tambahannya mas.

    BalasHapus