Kamis, 29 Maret 2012

Raja Media Sosial 2012

Bangsa ini bukan cuma ada 5000 desa, bangsa inikan ada 60 Ribu desa. Bangsa inikan Cuma ada berapa . . . juta jiwa? Bangsa inikan ada 240 Juta Manusia. Pengguna Facebook saja kita ada sekitar 43,5 Juta. 43,5 Juta itu adalah Nomor 3 terbesar di dunia. Pengguna Twitter berjumlah sekitar 19,5 Juta. Itu saja kalau dari sisi jumlah, kita Nomor 5 terbesar di dunia. Faktor sosial, orang ingin eksis, orang ingin beraktualisasi diri dan orang ingin bergaul itu sangat cepat menjadi bahan bakar, maka ketika ada sosial media seperti Facebook atau Twitter itu langsung dikerumunin.


Memang kalau berbicara mengenai Tren Media Sosial 2012 di Indonesia pasti tidak akan terlepas dari Facebook dan Twitter yang paling ngebooming saat ini. Bahkan ada pepatah anak muda mengatakan “GAK PUNYA FACEBOOK ATAU TWITTER GAK GAHOOOOL”. Hal tersebut sangat membuktikan bahwa Media Sosial tersebut sangat popular dikalangan masayarakat mulai dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua pun juga memiliki account.


Ada begitu banyak manfaat dari sebuah media sosial, mulai dari memperbanyak teman, saling sharing antar sesama,  sarana bisnis bahkan sebagai bantuan kemanusiaan seperti yang dilakukan oleh Arwuda Indonesia (Social Media Agency) terhadap salah satu pengguna Media Sosial yang ingin menolong sahabatnya yang membutuhkan donor darah B karena penyakit Kanker Darah (Leukimia) yang dideritanya. Berkat bantuan dari Arwuda Indonesia yang memberikan informasi, pesan moral serta tips kepadanya mengenai “The Incredible Power of Sosial Media”, akhirnya sahabatnya tersebut dapat tertolong. Kalau orang belajar menggunakan Media Sosial itu sudah biasa. Tapi ketika orang belajar menggunakan kemudian menggali manfaatnya, itu sangat luar biasa. Tentu itu akan menginspirasi rang lain  untuk tetap semangat belajar melalui Media Sosial, tidak hanya sekedar update status.

Oh iya, Arwuda Indonesia sendiri merupakan adalah perusahaan yang menjadi bagian dari kelompok usaha CDAGroup, yang telah berdiri sendiri dan fokus bergerak dibidang media sosial seperti, Facebook, Twitter, YouTube dan Blog. Dengan hadirnya Arwuda di Indonesia saat ini tentu akan dapat membantu Perusahaan atau Brand agar bisa berkomunikasi dengan baik kepada para Konsumen. Untuk lebih jelas, silahkan kunjung Website Arwuda Indonesia disini.


Selain manfaat, faktor lain yang membuat Facebook dan Twitter menjadi Tren Media Sosial di Indonesia adalah karena kepraktisannya. Setiap Media Sosial haruslah simple dan praktis artinya Media Sosial haruslah mudah digunakan dan dijangkau oleh semua perangkat, seperti Facebook yang bisa diakses melalui Komputer, Tablet, Ponsel, bahkan melalui SMS pada ponsel yang tidak mendukung GPRS. Kemudian pembaruan-pembaruan yang dilakukan oleh Facebook dan Twitter juga merupakan faktor yang menyebabkan mereka menjadi Media Sosial yang paling popular di Indonesia saat ini, seperti tampilan profile Timeline Kronologi dan Video Chat oleh Facebook atau fitur mengganti Skin Profile pada Twitter sehingga membuat kita tidak jenuh oleh tampilan yang monoton.
download[4]
Sebagai media sosial, Facebook dan Twitter merupakan sarana untuk saling berinteraksi dengan orang lain atau sebagai wadah untuk mengekspresikan diri kita. Baik Facebook atau Twitter, keduanya sangat populer di Indonesia saat ini. Kita tidak bisa membanding-bandingkan mereka. Memang jika ditinjau dari segi jumlah, pengguna Facebook lebih banyak dibandingkan dengan pengguna Twitter. Tapi itu bisa dijadikan tolak ukur, karena baik Facebook maupun Twitter memiliki fitur serta keunggulan masing-masing. 


Jika di tahun 2012 ini Gelar Raja Media Sosial dipegang oleh Facebook dan Twitter, nanti tahun 2013 apa lagi ya???


Sumber Referensi :
  1. Arwuda Indonesia
  2. Social Bakers (Statistik Facebook)
  3. Semiocast (Statistik Twitter)
  4. Internet Sehat
Sumber Gambar/Video :

0 komentar:

Posting Komentar