Bangsa ini bukan cuma ada 5000 desa, bangsa inikan ada 60 Ribu desa. Bangsa inikan
Cuma ada berapa . . . juta jiwa? Bangsa inikan ada 240 Juta Manusia. Pengguna
Facebook saja kita ada sekitar 43,5 Juta. 43,5 Juta itu adalah Nomor 3 terbesar di
dunia. Pengguna Twitter berjumlah sekitar 19,5 Juta. Itu saja kalau dari sisi jumlah, kita Nomor 5 terbesar di dunia. Faktor sosial, orang ingin eksis, orang ingin beraktualisasi diri dan
orang ingin bergaul itu sangat cepat menjadi bahan bakar, maka ketika ada
sosial media seperti Facebook atau Twitter itu langsung dikerumunin.
Memang kalau berbicara mengenai Tren Media Sosial 2012 di
Indonesia pasti tidak akan terlepas dari Facebook dan Twitter yang paling
ngebooming saat ini. Bahkan ada pepatah anak muda mengatakan “GAK PUNYA
FACEBOOK ATAU TWITTER GAK GAHOOOOL”. Hal tersebut sangat membuktikan bahwa
Media Sosial tersebut sangat popular dikalangan masayarakat mulai dari
anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua pun juga memiliki account.
Ada begitu banyak manfaat dari sebuah media sosial, mulai
dari memperbanyak teman, saling sharing antar sesama, sarana bisnis bahkan sebagai bantuan
kemanusiaan seperti yang dilakukan oleh Arwuda Indonesia (Social Media Agency) terhadap
salah satu pengguna Media Sosial yang ingin menolong sahabatnya yang
membutuhkan donor darah B karena penyakit Kanker Darah (Leukimia) yang
dideritanya. Berkat bantuan dari Arwuda Indonesia yang memberikan informasi,
pesan moral serta tips kepadanya mengenai “The Incredible Power of Sosial Media”, akhirnya sahabatnya
tersebut dapat tertolong. Kalau orang belajar menggunakan Media Sosial itu
sudah biasa. Tapi ketika orang belajar menggunakan kemudian menggali
manfaatnya, itu sangat luar biasa. Tentu itu akan menginspirasi rang lain untuk tetap semangat belajar melalui Media Sosial, tidak hanya sekedar update
status.
Oh iya,
Arwuda Indonesia sendiri merupakan adalah perusahaan yang menjadi bagian dari kelompok usaha CDAGroup, yang telah berdiri sendiri dan fokus bergerak dibidang media sosial
seperti, Facebook, Twitter, YouTube dan Blog. Dengan hadirnya Arwuda di Indonesia saat ini tentu akan dapat membantu Perusahaan atau Brand agar bisa berkomunikasi dengan baik kepada para Konsumen. Untuk lebih jelas, silahkan
kunjung Website Arwuda Indonesia disini.
Selain
manfaat, faktor lain yang membuat Facebook dan Twitter menjadi Tren Media
Sosial di Indonesia adalah karena kepraktisannya. Setiap Media Sosial haruslah
simple dan praktis artinya Media Sosial haruslah mudah digunakan dan dijangkau
oleh semua perangkat, seperti Facebook yang bisa diakses melalui Komputer,
Tablet, Ponsel, bahkan melalui SMS pada ponsel yang tidak mendukung GPRS. Kemudian
pembaruan-pembaruan yang dilakukan oleh Facebook dan Twitter juga merupakan
faktor yang menyebabkan mereka menjadi Media Sosial yang paling popular di
Indonesia saat ini, seperti tampilan profile Timeline Kronologi dan Video Chat
oleh Facebook atau fitur mengganti Skin Profile pada Twitter sehingga membuat
kita tidak jenuh oleh tampilan yang monoton.
Sebagai media
sosial, Facebook dan Twitter merupakan sarana untuk saling berinteraksi dengan orang lain atau sebagai wadah untuk mengekspresikan diri kita. Baik Facebook
atau Twitter, keduanya sangat populer di Indonesia saat ini. Kita tidak bisa
membanding-bandingkan mereka. Memang jika ditinjau dari segi jumlah, pengguna
Facebook lebih banyak dibandingkan dengan pengguna Twitter. Tapi itu bisa
dijadikan tolak ukur, karena baik Facebook maupun Twitter memiliki fitur serta
keunggulan masing-masing.
Jika di tahun
2012 ini Gelar Raja Media Sosial dipegang oleh Facebook dan Twitter, nanti tahun 2013 apa lagi ya???
Sumber Referensi :
- Arwuda Indonesia
- Social Bakers (Statistik Facebook)
- Semiocast (Statistik Twitter)
- Internet Sehat
Sumber Gambar/Video :
0 komentar:
Posting Komentar