Sabtu, 20 Oktober 2012

Hujan Meteor Orionids di Malam Minggu

 

Anda galau? tidak punya pasangan? malam minggu cuma dirumah dan berharap semoga hujan lebat biar yang lagi malam mingguan bisa ngerasain, wkwkwk. Sepertinya hal tersebut tidak berlaku bagi sahabat astro malam minggu nanti. Yap apalagi kalau akan ada fenomena alam langka yang terjadi sekali setahun dan hanya di bulan Oktober ini, yaitu hujan meteor orionids.

Diberi nama hujan meteor orionids karena hujan meteor ini dapat disaksikan di rasi orion. Sedikit informasi hujan meteor orionids ini merupakan hujan meteor yang masuk dalam kategori hujan meteor yang disebabkan akibat reruntuhan sisa-sisa ekor komet pada saat mengorbit matahari, komet yang dimaksud adalah komet yang hanya dapat di saksikan dari bumi setiap 76 tahun sekali yaitu komet halley.

Di bulan tahun ini sahabat astro dapat menyaksikan hujan meteor orionids mulai dari 2 Oktober sampai tanggal 7 November, dimana puncaknya akan terjadi pada tanggal 21 Oktober dengan intensitas meteor mencapai 25/jam. Berhubung saat ini tengah musim hujan, jadi sahabat astro dapat bisa menyaksikan mulai malam minggu nanti 20 Oktober-22 Oktober. Tapi lebih disarankan menyaksikan pada malam puncak yaitu 21 Oktober, jadi berdoalah semoga langit cerah.

Untuk menyaksikan hujan meteor orionids ini sangat mudah, sahabat astro cukup melihat ke arah timur tepat rasi orion berada pada pukul 22.00 WIB. Rasi Orion ini sangat mudah di temukan, sahabat blogger cukup mencari sabuk orion yaitu 3 bintang berjejer di arah timur maka itu adalah rasi orion. Untuk menyaksikan hujan meteor ini sahabat astro tidak perlu membawa teleskop, karena fenomena ini paling seru di saksikan dengan mata telanjang. Well, selamat menyaksikan dan selamat malam mingguan.

1 komentar:

  1. coba klo ada vidio nya lebih asik neh..tar upload yah hasilnya..klo dsini (sunda) itu dinamakan bintang waluku karena mirip bajak sawah..

    BalasHapus