Rabu, 06 Juni 2012

Transit Venus dan Bencana Alam yang Menanti


Transit Venus adalah fenomena astronomi spektakuler seperti yang terlihat secara bersamaan seperti yang dahulu digunakan untuk menentukan jarak di angkasa. Fenomena ini terjadi apabila planet Venus bergerak melintasi matahari sebagai titik kecil dan hitam bila dipandang dari Bumi. Peristiwa ini berlangsung sekitar 6 jam. Transit terakhir terjadi pada tanggal 06 Juni 2012. Adapun transit Venus berlangsung mulai pukul 05.10 hingga 11.50 WIB. Sayangnya saya tidak bisa melihat fenomena ini secara langsung, dikarenakan cuaca di Jambi dalam keadaan Mendung. Padahal fenomena ini sangat jaran terjadi yaitu setiap 8 tahun dan 115 tahun sekali. Sebelumnya juga sudah terjadi pada Juni 2004 silam. Jadi fenomena ini baru akan terjadi lagi pada tahun 2117 mendatang. *Kayaknya sudah mustahil banget. hehehee

Tapi, tahukah Sahabat Blogger sekalian bahwa dibalik fenomena Transit Venus ini terbalik sejarah bencana alam yang sangat dahyat. Pelepasan energi kosmik yang terjadi saat transit Venus diduga membawa pengaruh yang sangat fatal bagi bumi. Sebagai contoh Transit Venus pada Juni 2004 lalu. Hanya berselang selama 6 bulan dari fenomena tersebut terjadi bencana Tsunami di Aceh Tahun 2004 yang merupakan bencana terdahsyat di kawasan Samudra Hindia.

Kemudian Transit Venus terjadi pada 6 Desember 1882. Tebak apa yang terjadi setahun berikutnya? Erupsi terbesar dalam sejarah terjadi di Krakatau, Indonesia pada 26 Agustus 1883.

Pada abad ke-18, tsunami menyerang Jepang setelah gempa di Burma pada 1762. Hanya berselang setahun, transit Venus terjadi pada 1761.

Mundur lagi ke tahun 416. Tsunami di India terjadi setelah erupsi Krakatau pada saat itu. Bencana ini terjadi dalam jarak 12 bulan setelah transit Venus. 

Yaaaah, bencana-bencana tersebut terjadi kurang dari 12 bulan setelah fenomena Transit Venus terjadi.  Memantau dari hasil sejarah Transit Venus, semoga ini bukan pertanda akan terjadi lagi bencana alam dimuka bumi ini. Semoga Allah S.W.T tetap melindungi kita dari mara bahaya. *Aamiiiin*

0 komentar:

Posting Komentar