Selasa, 01 November 2011

Kesepian Bisa Mengakibatkan Susah Tidur (Insomnia)

Susah tidur atau Insomnia memang kerap kali terjadi dalam diri manusia.Faktor fisik seperti penyakit atau kekurangan vitamin memang sering menyebabkan kita mengalami insomnia. Tapi tahukah sahabat blogger sekalian? bahwa Insomnia juga bisa disebabkan oleh faktor psikologis yang salah satunya adalah perasaan kesepian.

Memang menyedihkan hidup dalam kesepian. Disamping kurangnya dukungan sosial, hasil penelitian menunjukkan bahwa kesepian juga mengganggu waktu istirahat malam. Para peneliti mengatakan bahwa kurangnya tidur merupakan salah satu cara perasaan kesepian dapat mempengaruhi kesehatan.

Bukan hanya karena individu yang sangat kesepian menjadi kurang tidur. Hubungan antara kesepian dan kegelisahan tidur terjadi pada berbagai keterkaitan yang dirasakan. Kesepian berkaitan dengan efek buruk terhadap kesehatan. Sebenarnya tidur dapat dipengaruhi oleh perasaan kesepian. Karena sebenarnya bahwa kesepian tidak mengubah jumlah total tidur individu, tapi membangunkan indvidu lebih sering sepanjang malam.

Skor kesepian yang lebih tinggi berkaitan dengan tingginya tingkat tidur yang terputus di malam hari. Jumlah total tidur dan kantuk di siang hari tidak mempengaruhi. Bukan hanya karena individu yang sangat kesepian menjadi kurang tidur. Hubungan antara kesepian dan kegelisahan tidur terjadi pada berbagai keterkaitan yang dirasakan,

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesepian dan isolasi sosial adalah dua konsep yang berbeda. Peneliti berpendapat bahwa kesepian mencerminkan isolasi sosial yang dirasakan atau perasaan menjadi orang buangan, yaitu kesenjangan antara hubungan yang diinginkan dengan hubungan sosial sebenarnya yang sering terasa menyakitkan.

0 komentar:

Posting Komentar