Jumat, 08 Juli 2011

Kilasan Perubahan Iklim


Panas dingin, dingin panas mungkin itulah yang dapat kita rasakan saat ini (untung bukan panas dalam). Akhir-akhir ini, cuaca di daerah saya sangat aneh, kadang-kadang terlalu panas kadang pula hujan lebat yang sangat lama.

Sebenarnya cuaca dan iklim itu memiliki sedikit perbedaan dan persamaan, hanya saja kebanyakan dari orang menganggap keduanya adalah hal yang sama . Cuaca merupakan keadaan udara pada suatu daerah yang sempit dan relative singkat, sedangkan iklim adalah rata-rata keadaan cuaca pada daerah yang luas dan dalam jangka waktu yang lama. Namun keduanya memiliki unsur yang sama, yaitu suhu, udara, tekanan udara, kelembaban, curah hujan, dan sebagainya. Jika cuaca buruk berlansung lama, maka perubahan iklim juga akan terjadi.

Perubahan iklim merupakan hal yang sangat sulit untuk kita hindari, karena perubahan iklim disebabkan oleh ulah tangan manusia sendiri, seperti membuang sampah sembarangan, penggunaan spray (CFC), asap atau limbah dari hasil industri, asap kendaraan motor, penebangan hutan liar dan lain-lain. Semua hal itu dapat membuat lapisan ozon bumi menjadi semakin menipis dan dapat menyebabkan efek rumah kaca, global warming serta perubahan iklim.

Perubahan iklim dapat memberikan dampak yang buruk bagi keberlangsungan hidup manusia yang hidup di bumi. Salah satu dampak yang biasa kita rasakan adalah cuaca panas yang berlebihan atau hujan yang berlangsung sangat lama. Dalam beberapa bidang perubahan iklim sangat berpengaruh, diantaranya :

1. Lingkungan
Penebangan hutan secara liar dan membuang sampah sembarangan dapat menyebabkan perubahan iklim. Sampah yang menyumbat aliran sungai dan mengakibatkan sungai meluap dan banjir. Kemudian jika hutan gundul, maka tidak ada lagi yang dapat menahan air hujan dan dapat mengakibatkan tanah longsor.

2. Pekerjaan.
Indonesia merupakan Negara agraris, karena kebanyakan dari penduduk Indonesia mata pencarianya adalah menjadi petani atau nelayan. Jika banjir terjadi, maka akan banyak petani yang gagal panen. Kemudian akibat cuaca akhir-akhir ini yang sangat buruk, para nelayan menjadi takut dan tidak berani ke laut mencari ikan. Karena sudah banyak nelayan yang hilang karena diterjang ombak saat pergi ke laut.

3. Kesehatan.
Cuaca dingin dan hujan deras yang terlalu lama menyebabkan orang dapat terkena influenza. Jika sudah banjir, maka orang-orang akan kesulitan untuk mencari air bersih dan akan menggunakan air kotor sebagai bahan untuk memasak. Hal ini dapat menyebabkan penyakit muntaber dan diare. Akan ada banyak juga air yang tergenang meyebabkan lahirnya jentik-jentik dan nyamuk yang dapat mengakibatkan masyarakat terkena penyakit malaria dan demam berdarah.

4. Ekonomi
Segala dampak buruk dari perubahan iklim pasti juga akan menyebabkan dampak buruk bagi ekonomi. Bayangkan jika bencanan alam seperti banjir dan tanah longsor terjadi, berapa kerugian yang di dapat oleh para penduduk? Belum lagi mengurus biaya rumah sakit dan pemakaman orang yang sudah meninggal.

Sekiranya itulah sebagian besar dampak buruk yang disebabkan oleh perubahan iklim. Tentunya kita semua tidak ingin semua hal tersebut terjadi dan kita harus mencegahnya sebelum hal tersebut terjadi. Ada banyak cara yang kita lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut :


1. Kesadaran diri.
Segala sesuau itu pasti diawali dengan niat, kita harus berniat dengan sungguh-sungguh untuk menjaga bumi. Saya yakin semua orang pasti menginginkan lingkungan yang aman dan terkendali.


(saat membersihkan lingkungan sekolah) 
2. Pola hidup bersih.
Hidup bersih bukan hanya di badan saja tapi juga untuk lingkungan. Hal ini dapat kita lakukan seperti membersihkan lingkungan sekitar atau tidak membuang sampah sembarangan. Lingkungan yang bersih dan sehat merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi manusia.

sumber : http://www.google.co.id
3. Bersikap hemat.
Hemat dalam arti tidak boros. Seperti mengganti lampu listrik dengan lampu yang hemat energy atau mematikan peralatan listrik jika sudah tidak digunakan lagi.



(saat menanam tanaman di sekolah)
4. Reboisasi atau menanam tumbuhan.
Bumi tidak akan akan terasa nyaman jika tanpa tumbuhan di sekitar. Karena tumbuhan dapat memberikan kita kenyamanan dan juga dapat menghindarkan kita dari efef rumah kaca, global warming atau perubahan iklim. Oleh karena itu, marilah kita semua menanam tumbuhan di sekitar llingkungan kita.

Terus jika semua sudah dilakukan, kita akan dapat mencegah hal buruk terjadi. Harusnya kita semua menjaga bumi tercinta kita ini bukannya malah merusak yang mengakibatkan bumi kita menjadi marah. Marilah kita semua bersahabat dengan bumi kita ini. karena ini untuk kelangsungan hidup kita semua dan untuk generasi kita di masa yang akan datang.


Semoga dengan postingan saya kali ini, teman-teman dan sahabat-sahabat blogger sadar dan mau turut berpartisipasi serta lebih menyayangi bumi ini. dan saya ingin sahabat-sahabat baik sesama pelajar, masyarakat, seluruh warga Negara dan dunia semua agar mau menanamkan prinsip GREEN YOUR MIND!!! Dalam diri masing-masing. dan marilah kita mulai lagi dari awal agar bumi kita ini kembali seperti sediakala Dengan demikian kita tidak akan dihantui lagi oleh perasaan bersalah karena telah merusak bumi ini. dan tentunya kelangsungan hidup manusia di masa yang akan datang juga tidak akan terganggu. Amiin.

0 komentar:

Posting Komentar