Senin, 06 Februari 2012

Tips JITU Menghemat Ala Mahasiswa

BUNTU, BUNTU, BUNTU merupakan penyakit kronis yang paling sering dialami setiap mahasiswa (aku juga termasuk sih). Kalau uang lagi kritis jalan satu-satunya adalah bersikap hemat. tapi, bagi sebagian mahasiswa "menghemat uang bukanlah hal yang mudah dilakukan". Sebenarnya menghemat uang itu mudah bagi orang yang benar-benar mempunyai niat yang kuat. Dengan berhemat banyak keuntungan yang bakal kita peroleh, seperti kata peribahasa "hemat pangkal kaya, kaya pangkal sukses, sukses pangkal kaya lagi" (peribahasa ngawur). Berikut beberapa tips jitu menghemat uang yang saya dapat dari Tante Google. Cekidoooot!!!

- Membeli barang seperlunya saja
biasanya para mahasiswa membeli banyak barang yang tidak dibutuhkan atau diperlukan. Banyak mahasiswa yang suka berfoya foya belanja di mall setelah jam perkuliahan, apabila ada barang yang tidak anda butuhkan hendaknya tidak usah dibeli, tetapi apabila barang tersebut sangat dibutuhkan maka belilah barang tersebut sesuai kebutuhan anda masing masing.

- Puasa senin kamis
cara ini merupakan salah satu cara yang ampuh untuk berhemat uang, dengan puasa senin kamis maka secara otomatis pengeluaran kita untuk makan akan berkurang (kayaknya ini yang paling susah).

- Kurangi bepergian dengan motor
dengan mengurangi bepergian dengan motor maka akan menghemat bensin sehingga, secara otomatis anda akan menghemat uang saku anda untuk bensin. jadi yaaah, gak perlu lah beli pulsa, naik motor segala.

- Makan makanan sehat lagi murah
tidak sedikit para mahasiswa yang makan di tempat yang mewah dengan harga makanan yang mahal pula, dengan memakan makanan yang sehat lagi murah maka anda akan menghemat pengeluaran untuk makan.

- Kurangi kegiatan "Menongkrong" yang kurang bermanfaat
banyak para mahasiswa yang sering menongkrong tidak jelas dengan teman temanya, apalagi sering nongkrong di kantin (pengalaman pribadi nih). kalau sudah di kantin pasti pikiran cuma makan doank, (mending uangnya disimpan untuk makan di restoran) *waduuuh*.

- Perbanyak Tidur Siang
sepertinya ini adalah tips yang paling jitu dan paling mudah dilakukan, menurut saya dengan tidur siang akan menghabiskan waktu kita untuk bermain-main, jajan, atau sekedar jalan-jalan. Tapi jangan melakukan tidur siang hanya  untuk bermalas-malasan. *kalau ada tugas kuliah, yah dikerjain* hehehe

Semua berawal dari niat kita apabila kita niat yakinlah kita bisa. Perlu diingat "Hemat hampir sama dengan pelit (pelit terhadap diri sendiri maksudnya)". 

0 komentar:

Posting Komentar